Home / Berita Umum / Saat Jokowi Dilarang Kapolri Dan KaBIN Ke Nduga: Isu Keamanan Urusanmu

Saat Jokowi Dilarang Kapolri Dan KaBIN Ke Nduga: Isu Keamanan Urusanmu

Saat Jokowi Dilarang Kapolri Dan KaBIN Ke Nduga: Isu Keamanan Urusanmu – Presiden Joko Widodo bercerita pengalamannya yang sempat dilarang Kapolri, Kepala BIN, sampai Panglima TNI waktu akan berkunjung ke Kabupaten Nduga, Papua, pada 2016 yang lalu. Jokowi bercerita hal itu waktu berjumpa perwakilan BEM dari 73 kampus di Indonesia yang terhimpun dalam peserta Pertemuan Mahasiswa Nasional di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (7/12).

“Tahun 2016 saya ke Kabupaten Nduga, sebab tidak ada jalan mesti 4 hari jalan kaki. Saya gunakan heli kesana. Oleh Kapolri, oleh KaBIN, oleh Panglima TNI tidak diijinkan. ‘Pak, Bapak janganlah kesana, daerah ini memang masih tetap keadaan yang butuh pendekatan’,” kata Jokowi.

Alih-alih dengarkan pendapat itu, Jokowi justru ngotot untuk bertandang ke Nduga. Pada ke-3 pimpinan instansi itu, Jokowi mengemukakan jika masalah keamanan malah mesti dibereskan oleh mereka. Bukan justru melarang Jokowi kesana.

“Saya perintahkan, ‘pokoknya saya 2 hari kembali ingin kesana, masalah keamanan, urusanmu, urusanmu, urusanmu’. Saya masuk ke Nduga. Pikirkan saudara-saudara, aspal saja tidak ada. Saya ingin bertemu rakyat kita yang disana,” kata Jokowi.

Pada akhirnya Jokowi juga datang di Nduga. Disana dia lihat jika pembangunan infrastruktur masih tetap begitu minim. Mulai sejak itu, dia semakin berkemauan untuk percepat pembangunan di Papua.

“Apakah jawaban bupati? ‘Pak, rakyat kita berada di distrik-distrik, jika ingin kesana perlu 6 jam jalan kaki’,” katanya.

Oleh karenanya, Jokowi menyatakan pemerintahannya tidak ingin cuma bangun di Jawa. Langkah itu dikerjakannya untuk membuat keadilan yang rata buat penduduk. Walau, menurut dia pembangunan di Jawa begitu menguntungkan dengan politik serta ekonomi.

“Tetapi kita mesti berfikir persatuan Indonesia, mesti berfikir namanya keadilan sosial buat semua rakyat Indonesia,” tegasnya.

About admin