Home / Indonesia / Presiden Akan Resmikan Masjid Di Jakarta Barat

Presiden Akan Resmikan Masjid Di Jakarta Barat

Presiden Akan Resmikan Masjid Di Jakarta Barat – Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi bakal resmikan Masjid Raya di Daan Mogot, Jakarta Barat, Sabtu (15/4/2017) .

Masjid yang dinamakan Masjid KH Hasyim Ashari itu terlebih dahulu dijadwalkan bakal diresmikan Jokowi pada Minggu (16/4/2017) besok. Tetapi mendadak jadwal itu dipercepat.
Saksikan juga : Mengapa KH Hasyim Asyari Diambil Jadi Nama Masjid Raya Jakarta?

Waktu peresmian, Jokowi bakal didampingi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, serta Pelaksana Pekerjaan (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono mengambil alih Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta non-aktif Basuki (Ahok) Tjahaja Purnama- Djarot Saiful Hidayat yang tengah cuti kampanye.

Sebagai sinyal peresmian, Jokowi gagasannya bakal menandatangi satu prasasti. Jokowi gagasannya akan juga melakukan shalat dzuhur berjemaah di masjid itu.

Masjid KH Hasyim Ashari di bangun diatas tempat seluas 2, 4 hektar dengan luas bangunan sebesar 16. 985, 43 mtr. persegi. Masjid itu berdekatan dengan Rusun Daan Mogot. Masjid itu di bangun dengan dua lantai serta satu mezzanin dengan daya tampung sampai 12. 500 jemaah.

Inspirasi pembangunan masjid itu terlihat pada Idul Adha th. 2012. Waktu itu, Joko Widodo yang masihlah menjabat Gubernur DKI Jakarta baru mengetahui kalau sampai kini Jakarta belum punyai masjid raya yang dipunyai oleh Pemerintah Propinsi DKI Jakarta.

Dari arah depan, bangunan masjid itu nampak terbuka di semuanya segi, termasuk juga di kiri serta kanan bangunan. Tetapi, untuk masuk masjid, mesti lewat tangga di depan pintu paling utama. Sesudah melalui berapa anak tangga, ada satu pelataran yang cukup luas.

Dari pelataran ini, warga dapat lihat nampak bangunan dari depan komplit dengan ornament khas Betawi yang disematkan di bagian-bagian masjid.

Ada berapa anak tangga umum serta akses spesial penyandang difabel berbentuk lantai miring sebagai langkah menuju lantai dua dari lantai satu ataupun demikian sebaliknya. Di segi sudut kiri serta kanan masjid, ada tangga yang cukup lebar serta tertutup oleh kaca. Jika hujan jemaah masihlah dapat memanfaatkan tangga itu. Dibagian dalam masjid, tepatnya lantai satu, ada ruangan serbaguna yang cukup besar.

Pembangunan fisik masjid itu dinyatakan rampung pada awal April. Tetapi taman di sekitaran masjid masih tetap dalam sistem pelaksanaan.

About admin