Home / Indonesia / PLN Bangun Kabel Bawah Laut Sejauh 2,4km

PLN Bangun Kabel Bawah Laut Sejauh 2,4km

PLN Bangun Kabel Bawah Laut Sejauh 2,4km – Sebanyak 450 kepala keluarga (KK) di Gili Gede, Sekotong, Lombok Barat bakal selekasnya nikmati listrik PLN. Saat ini PLN tengah mengerjakan pembangunan kabel listrik bawah laut 20 kilo Volt (kV) dari Lombok ke Gili Gede.

Direktur Bisnis Regional Sulawesi serta Nusa Tenggara PLN, Machnizon Masri, menyampaikan kabel listrik bawah laut 20 kV selama 2, 4 km. sirkit (kms) bakal di bangun untuk melistriki pulau itu. Pembangunannya sendiri ditargetkan bakal usai pada bln. Desember 2017.

” Nantinya jaringan listrik di Gili Gede bakal terinterkoneksi dengan Sistim Kelistrikan Lombok. Investasinya memanglah tak kecil, Rp 23 milyar, namun ini keperluan, orang-orang mesti kita listriki, rasio elektrifikasi mesti selalu ditingkatkan, ” ucap Machnizon dalam info tercatat, Rabu (22/3/2017) .

Menurut catatan PLN, sampai akhir th. 2016 rasio elektrifikasi di NTB meraih 77, 68 % dari sasaran 75, 9 %. Sampai 2019, PLN membidik rasio elektrifikasi NTB meraih 88, 5 %.

Gili Gede yang beberapa besar penduduknya berprofesi sebagai nelayan serta budidaya ikan, juga manjadi sisi dari maksud wisata di NTB. Sebagian masyarakat yang punyai homestay untuk wisatawan luar negeri, memakai genset untuk penuhi keperluan listriknya.

Selain untuk melistriki masyarakat Gili Gede, oleh karena ada kabel bawah laut ini bikin listrik di Gili Gede begitu tangguh, cukup untuk melistriki usaha pariwisata di sana hingga investor dinilai tak perlu cemas dengan permasalahan listrik di Gili itu.

” Potensi wisata Gili Gede ini bagus, PLN bakal mensupport ketersediaan listrik disana supaya pariwisata disana makin maju, ” tegas Machnizon.

Searah dengan pernyataan PLN, Kepala Dinas Penanaman Modal serta Perizinan Terpadu (BKPM-PT) Propinsi NTB, H. Lantas Gita Aryadi juga menyebutkan dukungannya pada PLN untuk bangun kabel bawah laut di Gili Gede. Ia menilainya, pembangunan kabel laut ini bakal menaikkan pariwisata serta kesejahteraan orang-orang NTB.

” Listrik ini mutlak untuk percepatan realisasi investasi, hingga ekonomi orang-orang kira-kira dapat bertambah juga, angka kemiskinan menyusut, ” kata Lantas Gita.

About admin