‘Pintar Pintar’ Sindiran Jokowi Untuk Petinggi PLN

‘Pintar Pintar’ Sindiran Jokowi Untuk Petinggi PLN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendatangi kantor PLN sesudah listrik padam massal di beberapa daerah Pulau Jawa pada Minggu (4/8). Jokowi juga melemparkan sindiran pada petinggi PLN yang dikatakannya ‘pintar-pintar’.

Jokowi datang di kantor PLN, Jakarta Selatan, Senin (5/8/2019) jam 08.47 WIB. Ada juga Menteri ESDM Ignasius Jonan sampai Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Seterusnya, ia langsung masuk ruangan rapat untuk dengarkan keterangan dari direksi PT PLN.

Plt Dirut PT PLN (Persero) Sripeni Intan Cahyani juga menerangkan pemicu berlangsungnya pemadaman listrik massal di beberapa daerah di Pulau Jawa. Intan menjelaskan dengan tehnis tentang padamnya listrik dengan massal yang memerlukan waktu berjam-jam. Dia menjelaskan ada masalah permasalahan circuit listrik.

“Ini yang tidak kami mengantisipasi ialah berlangsungnya masalah dua circuit sekaligus juga. Memang ini dengan tehnologi akan kami penyelidikan selanjutnya, Bapak. Terkait dengan masalah di satu tempat itu, semoga dari bagian keteknisan,” kata Intan.

Jokowi selanjutnya menyebutkan apa yang diterangkan Intan benar-benar panjang serta tehnis. Ia menyentuh balik latar direksi PLN yang dikatakannya pandai-pandai.

“Penuturannya panjang sekali. Pertanyaan saya, Bapak-Ibu semua kan orang pinter-pinter, ditambah lagi masalah listrik, serta telah bertahun tahun,” tutur Jokowi.

Ia bertanya pada PLN tentang penghitungan yang mereka kerjakan. Menurut Jokowi, listrik padam sepanjang berjam-jam tunjukkan ada pekerjaan yang tidak dihitung, hingga bikin rugi banyak faksi.

“Apa tidak dihitung? Apa tidak dikalkulasi jika akan ada kejadian-kejadian, hingga kita ketahui awalnya? Kok tiba-tiba (listrik) drop. Berarti, pekerjaan yang ada tidak dihitung, tidak dikalkulasi, serta itu benar-benar bikin rugi kita semua,” cetusnya.