Nyak Pakaian Berjasa Untuk Indonesia

Nyak Pakaian Berjasa Untuk Indonesia – Nyak Pakaian (91) kakek asal Aceh yang ikut menyumbangkan hartanya untuk pembelian pesawat Indonesia pertama th. 1950-an, saat ini dirawat di Tempat tinggal Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) . Ada satu kemauan pada Presiden Joko Widodo (Jokowi) , yaitu menginginkan memeluk suami Iriana Jokowi itu.

” Masyaallah saya suka sekali dapat berjumpa Presiden. Bila kalau ada peluang untuk berjumpa sekali lagi, saya ingin peluk, ” kata Nyak Pakaian seperti yang di sampaikan Deputi Bagian Protokol, Pers serta Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, dalam info tertulis yang di terima detikcom, Sabtu (24/3/2018) .

Dalam photo yang di terima detikcom, Nyak Pakaian sekarang ini tengah terbaring di ruangan perawatan RSPAD, Jakarta. Dia nampak memeluk photo pertemuannnya dengan Jokowi pada Rabu (21/3) tempo hari.

Anak Nyak Pakaian, Maturidi menuturkan, dianya bercerita photo itu ke ayahnya. Untuk di ketahui, pandangan Nyak Pakaian tak baik, karna terserang penyakit katarak.

” Saya deskripsikan narasi di album photo itu. Bapak kan agak kesusahan lihat. Dia suka sekali. Saya juga jadi keluarga terasa begitu suka, ” papar Maturidi.

Sekarang ini, Nyak Pakaian tengah terbaring sakit di RSPAD. Maturidi menuturkan, sesudah pulang dari berjumpa Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (21/3) , ia serta ayahnya segera menuju hotel. Saat di hotel itu, Nyak Pakaian mengeluh sakit sementara menginginkan buang air kecil.

Kurang lebih jam 2 malam Bapak mengeluh sakit serta tak dapat buang air kecil. Saya segera hubungi serta minta tolong pihak Istana serta sementara itu juga segera datang ambulans, ” kata Maturidi seperti yang di sampaikan Bey Machmudin dalam info tertulis.

Atas instruksi Presiden, lewat Kepala RSPAD dr. Terawan Agus Putranto, SpRad (K) RI, Nyak Pakaian juga segera dibawa ke RSPAD. Sesampainya di RSPAD, tim dokter juga segera ambil aksi yang dibutuhkan, yakni pemasangan kateter.

Sesudah aksi ditunaikan, Nyak Pakaian juga dapat buang air kecil. Tim dokter yang mengatasi Nyak Pakaian sendiri terbagi dalam bermacam dokter spesialis, diantaranya dokter spesialis mata, paru-paru, ginjal, jantung, serta spesialis penyakit dalam.