Langkah Antipasi Buwas Terkait Ganja di Aceh

Langkah Antipasi Buwas Terkait Ganja di Aceh – Kepala Tubuh Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso (Buwas) mengatakan narkoba yang paling banyak disalahgunakan yaitu ganja. Buwas juga mengatakan satu diantara lokasi di Indonesia dengan kwalitas ganja paling baik yaitu di Aceh.

Tetapi, menurut Buwas, hal tersebut tidaklah suatu hal yang perlu dibanggakan. Dia mengatakan BNN tengah membuat rencana untuk menanggulangi masalah itu.

” Type narkoba yang paling banyak disalahgunakan yaitu ganja, sebesar 44 %. Tanaman ganja tumbuh arsip di Indonesia, bahkan juga dimaksud lokasi Aceh adalah lokasi dimana tanaman ganja tumbuh arsip serta berkwalitas, disadari dengan internasional, ” kata Buwas dalam Seminar Nasional ‘Pembangunan Alternatif untuk Aceh Bersih Narkoba’ di Hotel Kartika Chandra, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (11/10/2017).

Ada juga dalam acara itu Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo serta Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

Buwas mengatakan rencana menanggulangi ganja di Aceh yaitu dengan memberdayakan pengedar untuk berpindah profesi. Manfaat wujudkan itu, Buwas memerlukan pertolongan dari kementerian serta instansi berkaitan.

” Pada intinya pergi dari inspirasi untuk memberdayakan beberapa pengedar untuk berpindah profesi. Sekarang ini, mulai sejak 2016 hingga 2018, kami tengah dalam step pembangunan keyakinan atau trust building di lokasi yang disebut. Gagasannya, 2019 hingga 2024 step implementasi program dan step pengembangan agrowisata pada 2025, ” kata Buwas.

” Pasti ini akan tidak berhasil jika tidak di dukung semua kementerian/instansi di Indonesia, termasuk juga komponen kewilayahan di Aceh, ” sambung Buwas.

Jadi contoh, Buwas mengatakan satu daerah di Vietnam yang dahulu populer juga akan tanaman ganja namun saat ini telah diberantas. Langkahnya, menurut Buwas, buat orang-orangnya berpindah profesi dari pengedar ganja jadi petani.

” Perekonomiannya juga bagus. Orang-orang telah berpindah profesi jadi petani serta beberapa anak-anak mudanya juga melakukan aktivitas yang lebih produktif serta positif, ” ucap Buwas.