Home / Mancanegara / ISIS Tambah Pasukan di Libya | Mancanegara

ISIS Tambah Pasukan di Libya | Mancanegara

ISIS dalam kabar melipat gandakan pasukannya di Libya jadi sekitar 6.000 orang di jangka 18 bulan yang terakhir. Dalam wilayah ini ISIS harus mau berhadapan bersama kekuatan dari milisi-milisi lokal yang juga ingin mempertahankan wilayahnya.

Saat wilayah kekuasaan ISIS beberapa waktu lalu dibombardir pihak militer Barat, pihak kelompok teror tersebut kian serius dalam membangun basis kekuatan dalam kawasan Afrika utara. Dalam wilayah Libya, ISIS sudah mampu bercokol dalam wilayah Sirte, yakni kota kelahiran sosok Moammar Khadafy sang tokoh tangguh itu.

Dan kelompok teror tersebut juga memiliki banyak sekali militan dalam wilayah Derna dan Benghazi, sisi Libya timur, serta juga Sabratha dalam wilayah Libya barat.

Aksi ISIS di wilayah Libya juga sangat memicu kekhawatiran pihak pemerintah dari negara Barat kala merujuk dalam situasi layaknya di Irak serta Suriah kala mampu di hancurkan beberapa waktu lalu.

Sejak tahun 2014, Negara Libya sudah terbelah dimana dibagi menjadi pemerintahan tandingan yang ada di Tripoli kala didukung pihak koalisi longgar dan juga kelompok bersenjata bersama pemerintahan transisi Libya kala disokong pihak Barat dalam sisi Trobruk.

Dan pemerintah persatuan kala berpusat dalam kawasan Tunis, Tunisia, kala belum berhasil dalam menyatukan dua kubu sampai saat ini.

About admin